Saturday, July 28, 2012

Mengenal Komponen Pemipaan Pada Mesin Pendingin

Sistem dalam mesin Pendingin dibagi dalam dua kategori, yaitu sistem pemipaan dan sistem kelistrikan. Sistem pemipaan komponen nya terdiri dari kompressor, kondensor, evaporator, kapiler tube, strainer (filter) dan akumulator. Sementara dalam sistem kelistrikan terdapat defrost heather, relay kompressor, thermostat, defrost timer, over load dan fan motor.


Sistem pemipaan pada lemari es merupakan sistem yang dialiri feon atau refrigerant. Komponen-komponen sistem pendingin yang di aliri freon diantaranya adalah kompresor, kondenser, strainer atau filter, pipa kapiler, evaporator dan akumulator.


Freon yang di isikan ke kompressor di dorong lewat pipa kondensor yang seterusnya kemudian masuk ke filter dalam keadaan hangat. Di filter, freon kemudian di tekan melalui pipa kapiler, sehingga dengan tekanan yang besar tadi menimbulkan hawa dingin yang selanjutnya menjadi bunga es yang menempel di dinding evaporator.

Dari evaporator freon di putar lagi kembali ke kompressor. dari kompressor ditekan lagi ke kondensor..terus berulang selama kompressor masih dalam keadaan bagus. Sehingga sebenarnya ketika tidak ada kebocoran dalam unit atau komponen pemipaan, freon tidak usah di isi kembali.



No comments:

Post a Comment