Tuesday, November 1, 2011

Mengenal Kerusakan Pada Kulkas Dua Pintu

Jenis kulkas di bedakan menurut type dan ukurannya. Ada jenis defrost (bersalju/berbunga es),biasanya pada type kukas satu pintu dan jenis no frost (tak bersalju/tidak berbunga Es),biasanya pada kulkas dua pintu atau lebih. Dalam postingan kali ini,Kami akan coba untuk berbagi informasi kepada pembaca semua tentang kerusakan pada kulkas dua pintu sehingga mengakibatkan tidak dinginnya kulkas tersebut. Ada baiknya kita mengetahui komponen dasar yang ada pada kulkas dua pintu dan  cara penanggulangannya:


1.Timer
Timer Kulkas ini terletak di berbagai macam tempat, seperti di samping Compressor kulkas dan juga ada yang di dalam pintu bawah kulkas dekat dengan Thermostart Lampu penerangan kulkas. Kerusakan pada kulkas dua pintu bisa dari akibat  tidak berfungsinya kerja timer.
Cara men cek bagus dan tidaknya timer, cukup lepaskan ke empat kabel yang terhubung dan jangan lupa beri tandal pada kabel satu persatu, di maksud adalah untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pada body Timer kulkas terdapat angka 1-2-3-4, pada kebanyakan Timer kulkas 1 dan 3 adalah untuk arus motor rotary ( berputarnya motor Timer ), silahkan Anda test kaki yang nomor 1 dan 3 dengan menggunakan multytester (gunakan skala x10 ohm atau x100 ohm) dan jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti kumparan motor Timer tidak rusak, setelah itu silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Timer yang nomor 1 dan 3 ke Arus listrik langsung (220 volt) kemudian lihat di body Timer tersebut sebuah kotakan kecil transparan di maksud adalah untuk melihat putaran roda bergigi, dan jika masih berputar berarti Timer kulkas tersebut masih bisa di pakai tetapi kalau tidak berputar berarti minta ganti yang baru.


2.Thermo-Fuse
Kerusakan pada kulkas dua pintu yang paling sering terjadi biasanya rusak pada Thermo-Fuse. Thermo-Fuse terletak / menempel langsung di Evaporator kulkas. Cek pada pintu atas kebanyakan Evaporator saat ini, cabut kedua ujung kabel Thermo-fuse tersebut kemudian hubungkan pada pada multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, jika pada jarum multytester bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti komponen Themo-fuse masih normal, tetapi jika sebaliknya jika jarum multytester tidak bergerak naik sama sekali itu sama dengan rusak segera ganti yang baru.
Penting: ketika membukanya Lakukan dengan sangat hati hati,karena spare part ini menempel di dinding evaporator. alih alih anda akan memperbaikinya malah evaporator bisa bocor. saran saya alangkah baiknya hubungi tekhnisi

3. Thermo Defrost  
Thermo Defrost terletak pada Evaporator kulkas, Lepaskan kedua ujung kabel tersebut kemudian taruh pada kulkas lain yang masih menyala atau di gunakan dan letakan di suhu minus / preezer kulkas kemudian tinggalkan barang beberapa menit (kurang lebih 5 s/d 10 menit. Jika sudah lalu test kedua ujung kabel tersebut dengan kedua ujung stik multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, kalau jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti masih normal / berfungsi, tetapi jika jarum tidak bergerak sama sekali berarti Komponen tersebut sudah rusak, ganti dengan yang baru.

4. Fan Motor
Motor Fan biasanya  tersimpan dekat dengan letak  Evaporator. Lepsakan kabel yang terhubung pada kedua kaki Motor Fan kemudian ambil multytester lalu tempelkan kedua stik multytester tersebut pada dua kaki Motor Fan ( non polaritas ) tersebut, gunakan skala x10 ohm, jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti Kumparan (coil ) tidak rusak/terbakar ( motor Fan masih berfungsi atau berputar ). Untuk meyakinkannya lagi Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Motor fan tersebut dengan Arus listrik 220 volt, Jika tidak berputar itu berarti Motor Fan macet, silahkan Anda ganti dengan yang baru.

5. Cooper Strainer 
Cooper Strainer atau Filter kulkas, ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).
Pipa kapiler berfungsi sebagai pengubah freon yg berwujud gas agar menjadi cair, didalam pipa kapiler freon berdesak-desakan lalu masuk kedalam evaporator. Didalam evaporator freon menguap dan mengambil panas, dengan semburan freon yg berbentuk cair,Sehingga pipa-pipa di Evaporator menjadi dingin.

6. Compressor Kulkas
Compressor kulkas adalah jantungnya Kulkas, Compressor berfungsi untuk memompa Refrigrant (Freon). kerusakan pada Compressor kulkas biasanya terjadi akibat 
@ Tegangan listrik yang tidak stabil (naik turun) / tegangan terlalu rendah sehingga kinerja Compressor menjadi berat ( saran dari kami pasang STAVOLT / STABILIZER ) 
@ beban muatan melebihi kapasitas kulkas
@ Kulkas terlalu dekat dengan dinding/tembok rumah, beri jarak antara body kulkas dengan dinding minimal 30 cm untuk sirkulasi udara.


Sekian,.semoga ada manfaatnya.
Bagi anda yang berdomosili di wilayah suksbumi silahkan hubungi Service Center kami di ; 085723522119




Wiring Diagram Kulkas Dua Pintu:




15 comments:

  1. Hebrit dah servis nya,...Murah dan memuaskan..
    Hatur nuhun kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah pami berkenan mah pak...sami hatur nuhun

      Delete
  2. Mas mau tanya. Kulkas saya merek Sharp "Samurai" - 2 pintu. Normal sih gak ada maslah, dinginnya juga normal. Tapi permasalahan timbul jika kulkas menyala misalkan dalam rentang setiap 30 menit sekali selalu bunyi "tok,tok,tok,tok,tok" dibagian belakang kulkas. Itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  3. Kulkas saya kipasnya gk jlan mas, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1, cek dulu barangkali arus listrik ke kipas barangkali ada yang putus
      2, cek blade kipas nya, barangkali kena bunga es di evap..(ada masalah di jalur heater)
      3, cek motor kipas barangkali macet,perlu pelumasan
      4, motor kipas rusak

      Delete
  4. Mas klo kulkas compresor hidup tpi tidak dingin apa ny y mas. .. Fan ny normal & tidak ada kebocoran. . Kulkas LG 2pintu non salju

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cek dulu ampere kompresor nya. di cek juga tekanan (preassure)kompresor nya..bisa jadi kompresor rusak. kalo kompresor normal bisa jadi terjadi penyumbatan di filter (strainer)atau menyumbat di pipa kapiler nya (capilary tube)..di ganti terus di isi freon lagi...lihat hasil nya..

      Delete
  5. mas kalo kulkas sharp 2 pintu defrost pcb bagaimana sistem kerjanya. sudah ganti bimetal, fuse, heater, thermostart, timer. masih belum disa defrost. terima kasih ata pencerahannya

    ReplyDelete
  6. di rumah itu ada kulkas bener dingin tapi flesernya itu tidak bisa membeku kenapa yaa tolong pencerahanya suhu

    http://www.toyota.astra.co.id/connect/news/article/berikan-perlakuan-khusus-pada-mobil-ketika-terkena-baret-akibat-kotoran-lumpur-di-musim-hujan/

    ReplyDelete
  7. Mas mau nanya kalo timer kulkas di cek pakai avo jarum bergerak.di aliri listrik kaki no 1 dan 3 gigi bisa bergerak tapi kalo dipasang giginya nggak bergerak apakah timernya masih bagus atau rusak

    ReplyDelete
  8. mantab artikelnya gan semoga semakin sukses salam kenal dari
    Service Kulkas Surabaya
    Service Kulkas Sidoarjo

    ReplyDelete
  9. Kulkas dirumah saya tidak bekerja dengan semestinya, listrik masuk dibuktikan dengan menyalanya lampu, tetapi kipas tidak berputar. Masalahnya dimana ya pak?

    ReplyDelete
  10. Merek Apa itu? Kulkas Sharp Bukan???

    ReplyDelete
  11. Mas,,,mo tanya kulkas samurai 2pintu,,1jam /5jam hdup amper listrik balik,,Sdh dmatiin pemakaian yg lain tetap aj amper listrik Balik,,

    ReplyDelete
  12. Ass Pa lam knal sy mau tnya kulkas sayaToshiba 2 pintu masalahnya di timer udah ganti tetap ga mutar kira" apanya ya pa , tks

    ReplyDelete