Saturday, December 31, 2011

Akibat Fatal Menunda Servis


"Selamat pagi, ini dengan tempat servis kulkas?"  tanya seorang ibu di ujung telepon. "Betul, apa yang bisa kami bantu Bu?" jawab saya. "Ini pak kulkas saya tertusuk pisau, jadi freonnya habis lagi. "Baik bu, dimana alamatnya biar kami periksa dulu" kata saya lagi.

Ternyata setelah diperiksa, evaporator kulkasnya yang model satu pintu itu tertusuk pisau. emang kecil sich dan saya sarankan untuk tidak menunda servis,harus segera ditambal bekas tusukannya,ganti filter dan di isi freon kata saya. Saya jelaskan juga harganya sekian plus garansi.

Namun ternyata si ibu bilang, nanti aja pak kalau saya mau perbaiki saya hubungi lagi...Dan benar beberapa minggu berlalu si ibu pun menelepon lagi minta untuk di servis kulkasnya,dan meminta saya untuk segera dan tidak menunda servis kulkasnya.. Ternyata ee ternyata, evaporator yang sebelumnya cukup untuk ditambal saja, itu sudah "karancang" (ada semacam lubang kecil yang banyak)  termakan sisa air di evaporator, sehingga evaporator pun harus diganti. Ini berarti biaya yang harus dikeluarkan si ibu pun bertambah.

Kenapa bisa begitu?
Evaporator kulkas satu pintu biasanya terbuat dari bahan sejenis alumunium yang memang sangat baik sebagai penghantar suhu dingin. Sehingga tanpa menunggu waktu lama setelah anda menyalakan kulkas, hawa dingin pun tersebardengan cepat dari dinding evaporator. Dan anda pun tidak perlu menunggu waktu lama untuk membuat es batu.

Namun karena alasan itulah, kadang dinding evaporator rentan dengan "karancang". Sehingga ketika kita memutuskan untuk menunda servis dalam kasus evaporator bocor, biaya yang dikeluarkan jauh lebih banyak ketimbang langsung ditangani untuk di servis.

2 comments:

  1. service kulkas / ac atau alat2 yg menggunakan evaporator itu umumnya berapa bulan atau tahun ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk AC paling tidak dilakukan pembersihan 4 atau 5 bulan sekali..
      Untuk kulkas bisa dilakukan pembersihan seperlunya..
      trims commentnya...

      Delete