Friday, February 1, 2013

Mengenal Komponen Pada Kulkas

Kulkas yang kita pakai setiap hari jelas terasa manfaatnya. namun tahukah kita rangkaian komponen apa saja yang terdapat di kulkas yang kita pakai? Dalam postingan kali ini akan di uraikan secara sepintas komponen utama yang terdapat dalam kulkas.

1.Kompresor
Fungsinya untuk menggerakan sirkulasi freon dalam tube di sepanjang jalur kondensor dan evaporator.
Cara kerjanya yaitu perjalanan refrigeran dari dan masuk ke kompresor diatur oleh katup discharge (pembuang) dan sunction (klep penghisap). Refrigan keluar melalui katup pembuang dan masuk melalui katup penghisap. Jika torak bergerak menjauhi katup maka tekanan akan berkurang
Jika torak bergerak mendekati katup, tekanan didalam kompresornya naik sehingga katup penghisap tertutup. sedangkan klep buang terbuka menyebabkan uap refrigeran mengalir kesaluran tekan (disharge line). Demikian seterusnya.


2. Thermostat
Fungsinya adalah untuk mengatur suhu dalam ruangan kulkas. Biasanya dalam thermostat ini ada penanda suhu dengan angka. kalau dipasang di angka 1 maka suhu dalam kulkas tidak akan terlalu dingin. ketika di naikan lagi angkanya maka suhu akan bertambah dingin. atau ada juga yang memakai penanda low, middle  dan high.



3. Overload 
Fungsinya adalah untuk memproteksi kompresor biar gak terlalu panas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kompresor. ketika suhu kompresor meninggi akibat kerja kompresor yang terlalu lama maka overload akan memutuskan arus listrik yang mengarah ke kompresor. 

No comments:

Post a Comment